Kesehatan

5 Obat Alami Untuk Meredakan Batuk

23.54

5 Obat Alami Untuk Meredakan Batuk

Jika kita membicakan penyakit yang tidak terlalu parah dan cukup umum alias lumayan sering dialami oleh masyarakat kita, kiranya batuk tidak lepasa dari hal tersebut. Batuk adalah gangguan kesehatan yang bisa dialami oleh siapa saja dan kapan saja, tidak mengenal usia, tidak mengenal waktu ataupun musim. Baik anak-anak, remaja, orang dewasa sampai dengan orang tua bisa mengalami batuk. Begitu pun dengan musim yang terjadi, entah musim hujan ataupun musim kemarau, batuk juga tak jarang terjadi menyerang. Ada cukup banyak cara yang bisa dilakukan untuk meredakan batuk. Tergantung juga seberapa parah batuk tersebut sendiri terjadi. Batuk bisa ditangani dengan beberapa obat alami yang bisa kita temukan dengan mudah dan kita racik sendiri di rumah dengan mudah juga. Berikut ini setidaknya 5 obat alami yang bisa dicoba untuk meredakan batuk :

1. Jeruk Nipis dan Kecap Manis
Campuran perasan air jeruk nipis dengan kecap manis adalah obat alami batuk yang bisa dikatakan paling populer. Sudah banyak masyarakat kita yang merasakan manfaatnya. Batuk bisa terjadi karena peradangan pada lapisan lendir di saluran pernafasan, dan juga bisa terjadi dikarenakan bakteri maupun virus. Air perasan jeruk nipis dan kecap manis dapat membantu untuk menghilangkan masalah tersebut. Anda bisa mengkonsumsi air perasan jeruk nipis dan kecap manis ini paling tidak sehari 2 sampai 3 kali. Tergantung juga kondisi dari batuk yang anda alami.

2. Belimbing Wuluh
Dibalik rasa asam yang dimilikinya, namun belimbing wuluh menyimpan khasiat yang cukup banyak. Salah satunya adalah untuk mengatasi batuk. Untuk memanfaatkannya sendiri anda bisa menyiapkan 10 belimbing wuluh, cuci sampai bersih dan kemudian parut sampai halus. Campurkan dengan segelas air dan sedikit garam. Saring untuk diambil sarinya dan buang ampasnya. Minum sari belimbing wuluh tersebut.

3. Kunyit
Untuk batuk kering, salah satu obat alami yang bisa dipilih adalah kunyit. Kunyit adalah tanaman rimpang yang di dalamnya mengandung cukup banyak zat yang bersifat sebagai anti biotik. Kandungan antibiotik yang dimiliki oleh kunyit tersebut dapat mengatasi peradangan saluran pernafasan yang jadi penyebab dari batuk kering. Untuk memanfaatkan kunyit sebagai obat alami mengatasi batuk adalah siapkan satu sendok kunyit bubuk asli dan campurkan dengan setengah sendok teh merica bubuk asli. Campurkan keduanya dengan air mendidih satu gelas, minum selagi hangat sehari dua kali.

4. Asam Jawa dan Gula Merah
Perpaduan asam jawa dengan gula merah dapat membantu untuk mengatasi masalah batuk. Cara pemanfaatannya sendiri cukup siapkan sekitar 10 daging buah asam jawa, kemudian seduh dengan satu gelas air panas, serta tambahkan sedikit gula merah. Aduk merata dan minum selagi masih hangat.

5. Jahe

Salah satu kelompok bumbu dapur yang bisa dimanfaatkan jadi obat alami batuk adalah jahe. Jahe punya kandungan anti bakteri yang salah satunya juga bermanfaat untuk meredakan batuk. Untuk memanfaatkannya bisa dijadikan sebagai wedang jahe yang sangat mudah untuk membuatnya.

You Might Also Like

0 komentar