Pola Hidup Sehat

Alpukat, Buah Segar yang Bisa Membantu Menurunkan Kadar Kolesterol Tinggi

23.41

Alpukat, Buah Segar yang Bisa Membantu Menurunkan Kadar Kolesterol Tinggi
Alpukat, Buah Segar yang Bisa Membantu Menurunkan Kadar Kolesterol Tinggi

Sebagian besar orang sepertinya sudah paham bahwa kondisi dimana kadar
kolesterol tinggi di atas normal adalah sebuah kondisi yang tidak umum dan bisa menyebabkan munculnya penyakit serius. Lantas bukan berarti seseorang yang kondisinya sekarang kadar kolesterol sedang tinggi berarti tidak bisa ditangani. Masih bisa selama juga belum sampai membuat terjadinya komplikasi penyakit yang serius. Nah, diet sehat rendah lemak adalah salah satu langkah efektif yang dapat dilakukan untuk menurunkan kadar kolesterol jahat alias LDL. Ada hal penting yang perlu dipahami, bahwa lemak sendiri tidak semuanya berjenis lemak tidak sehat. Ada lemak baik yang bisa membantu dalam menurunkan kadar kolesterol yang tinggi. Lemak baik tersebut salah satunya bisa kita jumpai pada buah alpukat. Buah yang segar dan punya cita rasa yang lezat ini mengandung berbagai zat gizi terbaik untuk kesehatan tubuh. Tidak terkecuali juga beberapa zat yang sangat baik untuk kolesterol.

Buah alpukat meruapakn buah yang memiliki kandungan asam lemak tak jenuh tunggal, dimana jenis lemak itu tidak berbahaya untuk kolesterol buruk alias tidak membuat kolesterol buruk meningkat. Justru sebaliknya, buah alpukat yang dikonsumsi tanpa campuran bahan makanan lain bisa membantu untuk mengatasi kolesterol tinggi maupun mencegah terjadinya kolesterol tinggi karena perannya untuk mengatur kadar kolesterol supaya tetap stabil. Nah, selain asam lemak yang baik, masih ada beberapa zat baik lainnya di dalam alpukat yang berfungsi efektif untuk menjaga kesehatan tubuh. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut ini :

Phytosterol - senyawa ini dapat membantu untuk menghambat penyerapan kolesterol di dalam tubuh sehingga bisa untukmembantu menjaga kadar kolesterol dalam tubuh tetap dalam kondisi yang normal.
Kalium - di dalam buah alpukat juga tekandung zat gizi berupa kalium yang salah satu fungsinya sendiri adalah untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Nah, tekanan darah yang terkontrol dapat meminimalisir resiko terjadinya kondisi kolesterol tinggi. Begitu pun sebaliknya, seseorang dengan tekanan darah yang tinggi beresiko juga kolesterolnya turur di atas normal.
Lutein - lutein merupakan jenis antioksidan di dalam buah alpukat yang dapat berfungsi menjaga kesehatan mata
Vitamin - ada bermacam-macam vitamin yang dimiliki oleh buah alpukat. Mulai dari vitamin B kompleks, kemudian vitamin C, D, E, K sampai dengan juga folat yang kesemuanya baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

Dalam menutunkan kolesterol yang tinggi, tentu tidak cukup hanya dengan mengandalkan buah alpukat saja. Harus juga diikuti dengan penerapan pola hidup yang sehat. Seperti makan makanan bergizi seimbang, menghindari makanan belemak jahat, berolahraga, kelola stres, istirahat cukup, dan lain sebagainya.

You Might Also Like

0 komentar